Makalah Komunikasi Bisnis
MAKALAH
KOMUNIKASI
BISNIS
Dosen pembimbing : Gusnar Mustapa,
SE.,MM
Disusun oleh :
1.
Ida Nur Jannah 011.01.15834
2. Leo
Dananjaya 011.01.15840
3. Khisful
Maulana 011.01.15810
STIEKN
JAYA NEGARA MALANG
2012
KATA
PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan
karunia-Nya kepada kami semua, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah
ini yang berjudul kumunikasi Bisnis.
Kami
mengucapkan terima kasih kepada Gusnar Mustapa,SE.,MM selaku dosen kami yang
telah membantu kami dalam penyelesaian tugas ini. Dan tidak lupa kami ucapkan
terima kasih kepada teman-teman kami yang telah membantu.
Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan dan penulisan makalah ini banyak kekurangan,
oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun, sehingga
dapat kami jadikan sebagai refensi dalam penyelesaian tugas berikutnya.
Dan
semoga dengan terselesaikannya tugas pembuatan makalah ini dapat bermanfaat
bagi kami semua. Amin.....
Penulis,
Kelompok 2
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui bersama jika komunikasi merupakan elemen terpenting yang diberikan
tuhan kepada manusia, karena dengan komunikasi kita menjadi mahluk hidup bukan
benda lagi, komunikasi bisa menghidupkan nyawa sosial yang menjadi harapan kita
untuk tetap berperan sebagai manusia
Selain komunikasi ada
juga faktor penting yang harus kita lakukan, yaitu bisnis, yah bisnis, karena
dengan bisnis kita bisa menghasilkan simbiosis mutualisme untuk memenuhi
kebutuhan dan hasrat hidup kita sebagai manusia.Jika komunikasi adalah elemen
yang membedakan kita sebagai makhluk hidup dengan benda, bisnis juga merupakan
elemen penting yang tidak hanya membedakan kita dengan benda, tetapi juga
membedakan kita sebagai manusia dengan hewan.
Nah, jika kita
gabungkan dua kekuatan elemen ini, Komunikasi dengan Bisnis, pasti akan menjadi
sesuatu yang luar biasa, terlebih jika kita berhasil menguasai penyatuan
keduanya ini.
Namun, sebenarnya
apakah komunikasi bisnis ini????
Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis.
Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis.
Karena Komunikasi
bisnis ini merupakan komunikasi yang terjadi di dunia bisnis, kita tidak boleh
melanggar norma-norma yang ditetapkan oleh dunia bisnis ketika melakukan
komunikasi. Biasanya komunikasi bisnis memiliki aturan yang ketat, keras,
formal, terstatndar dan tanpa toleransi.
Dengan timbulnya
situasi ” Ekonomic Of Relatife Plenty ” dewasa ini pengusaha harus berusaha
untuk menutup jurang yang terbentang antara produsen dengan masyarakat konsumen
selaku pembeli atau pemakai barang dan jasa yang dihasilkan. Menjadi tugas dan
tanggung jawabnya selaku seorang pengusaha untuk selalu dapat mempengaruhi
besarnya permintaan akan barang produksi perusahaannya, selalu berusaha untuk
mencari pembeli yang dihasilkannya. Sebagai pengusaha dia harus memberitakan
penyempurnaan- penyempurnaan produksi yang telah dicapinya, dimana barang yang
di hasilkan dapat di peroleh masyarakat konsumen..
Penyelenggaran
komunikasi dengan pasar, merupakan suatu syarat mutlak bagi setiap produsen
yang menghasilkan produk secara besar-basaran yang ditunjukan kepada para
konsumen yang tidak dikenalnya. Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar juga
dapat disebut suatu syarat mutlak bagi pengusaha yang ingin menjamin
kelangsungan hidup perusahaannya dan terus maju berkembang.
Dalam lingkungan
bisnis ada aneka sarana komunikasi perdagangan yang dapat dipergunakan para
pengusaha untuk berkomunikasi dengan konsumen. Sarana-sarana komunikasi
perdagangan yang tersedia antara lain dalam wujud pengirimin surat, pengiriman
kawat, percakapan telepon, kunjungan pribadi dll.
Jenis-jenis sarana
komunikasi perdagangan yang disebut tadi hanya sesuai bilamana dipergunakan
dalam daerah pemasaran baranga dan jasa yang ruang lingkuupnya terbatas.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang
diatas, dapat dirumuskan bahwa :
1.
Apa pengertian dari komunikasi bisnis ?
2.
Bagaimana Komunikasi bentuk-bentuk komunikasi itu?
3.
Bagaimana pengukuran dalam produktifitas tenaga kerja ?
C.
Tujuan
Berdasarkan uarian diatas dapat
disimpulkan bahwa tujuannya adalah :
1.
Agar lebih memahami pengertian dari komunikasi bisnis
2.
Untuk lebih memahami secara mendalam dalam penilaian
kinerja